Manfaat Rumput Laut Yang Harus Anda Ketahui

Rumput laut mempunyai kandungan seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Rumput laut juga rendah kalori sehingga cocok di konsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet. Rumput laut mempunyai beberapa jenis seperti Nori, Kelp, Kombu, Arame, Sea lettuce, Wakame, Dulse, Chlorella, agar-agar, dan spirulina. Semua jenis rumput laut ini dapat di konsumsi dengan dikeringkan, dimasak, atau menjadi suplemen bubuk selama masih segar. Tahukah apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan anda? Mari simak berikut ini :

  • Meringankan Diabetes

Manfaat rumput laut dapat meringankan diabetes karena mempunyai tinggi serat yang dapat membantu memperbaiki kadar gula darah. Serat yang terdapat di rumput laut dapat mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Senyawa yang ada di rumput laut itu bisa mengurangi faktor resiko diabetes seperti kadar lemak tinggi, peradangan, dan sensitivitas insulin.

  • Meningkatkan Fungsi Tiroid

Manfaat rumput laut berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi tiroid. Seperti yang di ketahui bahwa tiroid mempunya peran penting untuk sistem metabolisme tubuh sehingga kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa di dapat dari rumput laut yang di konsumsi. Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa sumber yodium terkaya terdapat di rumut laut jenis wakame dan nori. Jenis pada rumput laut dan lokasi penanamannya mempengaruhi jumlah kandungan yodium. Rumput laut juga mempunyai kandungan asam amino yang di gunakan bersama yodium untuk membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rumput lalut mempunyai kandungan asam lemak omega 3, antioksidan, dan serat larut air yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan jantung anda. Pada sebuah penelitian tercatat bahwa makanan yang mengandung serat tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang di ketahui penyakit jantung biasanya di sebabkan karena adanya pembekuan darah. Rumput laut mempunyai kandungan karbohidrat fucans yang dapat mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi terkena penyakit jantung.

Nah itulah beberapa manfaat dari rumput laut yang harus anda ketahui. Cobalah untuk sering mengkonsumsi rumput laut dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuhmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *