Khasiat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Yang Jarang Di ketahui

Khasiat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Yang Jarang Di ketahui

Beras ketan hitam merupakan salah satu bahan makanan yang banyak di olah menjadi aneka jenis kue, bubur, bahkan ada yang membuat nya menjadi puding. Ketan hitam memiliki cita rasa yang cukup lezat ketimbang beras pada umumnya, di balik rasa lezatnya itu ternyata beras ketan hitam juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Dalam ketan hitam yang lezat ini kita bisa menemukan banyak kandungan nutrisi mulai dari protein, zat besi, vitamin E, serat, dan tidak lupa juga mineral seperti natrium, kalium, magnesium serta zinc.

Dari nutrisi-nutrisi yang di sebutkan di atas saja sudah bisa kita pastikan bahwa ketan hitam akan menjadi makanan dengan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita

Nah untuk kamu yang belum tahu manfaat apa saja yang bisa di peroleh dari ketan hitam ini untuk kesehatan tubuh, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat pertama ketan hitam yang paling berpengaruh pada tubuh adalah kemampuannya untuk memperkuat daya tahan tubuh manusia. Bahkan, sebuah riset yang di lakukan sebuah Universitas membuktikan bahwa kemampuan ketan hitam dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik ketimbang beras merah.

Kemampuan yang di miliki ketan hitam ini tidak terlepas dari peran vitamin E yang terkandung di dalamnya. Vitamin E juga berperan penting dalam tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan yang di sebabkan oleh paparan radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

2. Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang manusia akibat kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya. Untuk mengatasi masalah penyakit satu ini kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi ketan hitam, sebab ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang berperan untuk memproduksi sel darah merah lebih baik lagi dalam tubuh.

3. Menjaga pencernaan

Ketan hitam masih masuk dalam keluarga gandum utuh yang sudah pasti memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat menjadi salah satu asupan terpenting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi ketan hitam, maka tubuh akan mendapatkan asupan serat yang cukup untuk melindungi kesehatan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *