Mengenal Dan Mengontrol Perasaan Khawatir Yang Berlebih

Mengenal Dan Mengontrol Perasaan Khawatir Yang Berlebih

Perasaan khawatir adalah perasaan yang wajar, dan alami. Setiap orang pasti akan merasakan perasaan ini. Sesuatu yang dianggap penting, pasti akan ada perasaan khawatir disana. Dan orang yang penting bagi kita, akan menimbulkan rasa khawatir bagi kita jika dia sedang terjadi apa-apa. Dan ini wajar. Tapi yang tidak baik adalah perasaan khawatir yang berlebihan. Khawatir yang berlebihan akan menyakiti dirimu sendiri dan juga orang lain tanpa anda sadari. Meskipun niat anda awalnya baik, tapi berlebihan niat yang baik bisa menjadi menyakiti.

Dampak Dari Khawatir Yang Berlebih

Bila kita merasakan perasaan khawatir yang berlebih, ini tidaklah baik untuk diri anda dan juga orang lain. Perasaan khawatir yang awalnya baik, malah bisa berubah menyakiti jika itu dirasakan berlebihan. Memang untuk perasaan satu ini sulit untuk dikendalikan. Apalagi jika kita sudah menaruh perasaan besar pada orang itu, atau suatu hal. Maka ini akan sulit dikendalikan. Tapi anda harus mencoba dan memulai melatih diri anda untuk itu. Mengendalikan perasaan khawatir. Lebih berserah kepada keadaan, berserah pada Tuhan.

Karena kita tidak memiliki power untuk mengendalikan semuanya. Jadi saat kita memiliki suatu perencanaan, sedang menjalankan suatu project, suatu kegiatan, memiliki mimpi, impian, cita-cita, harapan, jangan lah larut dalamnya, cukup sekedar memikirkannya dan menjalani apa yang bisa anda lakukan untuk menuju hal itu. Jangan terlalu mendalami, dan menimbulkan rasa cemas dan khawatir berlebih.

Karena semua masih dapat berubah. Jadi cukup berencana, dan sisanya berikan kepada Tuhan. Nanti Tuhan akan mempertimbangkannya, dan akan memberikannya kepadamu, atau mungkin akan ada revisi, sehingga yang terjadi tidak lah sesuai rencana. Tapi Tuhan memberikan apa yang kalian butuhkan. Jadi itulah, cukup merencanakan, dan berserah. Lalu lakukan lah apa yang perlu kalian lakukan untuk bisa menuju ke perencanaanmu itu.

Dan nikmati segala proses yang ada. Dan itu akan memberikan kekuatan dan kebijaksanaan padamu, akan menjadi modal untukmu menjalani semua rencanamu. Jadi, khawatir boleh tapi dibatasi, agar tidak menyakiti dirimu dan orang lain.